Sabtu, 09 Juni 2012

8 Hewan Mitologi Yang Fenomenal

1. Naga / Dragon


Naga / Dragon adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan. Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik. Naga disebut juga Dewa oleh beberapa Suku - suku.

2. Pegasus


Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar. Dalam Mitologi Yunani disebutkan bahwa Pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Dijinakkan Bellerophon untuk melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera. Ketika Bellerophon ingin terbang ke Gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil ke Guung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari - harinya dengan membawakan petir Zeus.     

3. Phoenix


Phoenix adalah Burung legendaris yang mirip seekor Elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix di sebut berasal dari Matahari. Phoenix adalah Burung Api Mitologi yang berasal dari Mesir Kuno dimana digambarkan sebagai Burung yang mati oleh Api dan dilahirkan kembali oleh Api. Biasanya digambarkan memiliki bulu merah dan emas. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama . Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500 - 1461 tahun. Airmata Phoenix diyakini dapat menyembuhkan luka.       

4. Buraq


Buraq adalah Makhluk Mitologi yang berasal dari Arab. Buraq dipercaya membawa Nabi Muhammad hijrah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al Qur'an hanya dalam semalam. Peristiwa ini dinamakan Isra Mi'raj. Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. Ukurannya sedikit lebih kecil dari pada kuda tapi lebih besar dari pada keledai. Larinya secepat kilat. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika mendaki manakala dan akan memanjangkan kaki depanya pula apabila menurun. Menggerak - gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan Buraq. Di samping rupanya yang cantik, terdapat pula dua buah sayap pada kedua pahanya untuk membantunya melompat.

5. Cerberus


Cerberus adalah seekor anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades. Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

6. Chimera


Chimera merupakan gabungan dari 3 hewan Ular, Kambing dan Singa. Berbadan Kambing, Berekor Ular dan Berkepala Singa. Namun beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari 2 hewan yaitu Kambing dan Singa. Chimera mampu mengeluarkan api dari hidung dan mulutnya. Menurut Mitologi Chimera merupakan Putra dari Typhon dan Echidna. Chimera memporak porandakan Lycia, membunuh Sapi dan membakarnya sampai akhirnya ia dibunuh oleh Bellerophon sambil menunggangi Pegasus atas perintah Raja Lobates dari Likia. Bellerophon mengalahkanya dengan Lembing dan memenggal kepala Chimera.

7. Kirin


Kirin atau Qilin adalah makhluk setengah Naga setengah Kuda, pada awalnya berasal dari Mitologi Cina namun tersebar ke seluruh Asia Timur. Hewan nyata yang dianggap mendekati Kirin adalah Jerapah, konon jerapah pernah dianggap sebagai Kirin. Dalam Mitologi Cina, Kirin adalah hewan suci yang dianggap baik, Namun Kirin bisa menjadi Hewa yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon Kirin akan muncul ditempat yang dikuasai oleh pemimpin yang baik dan bijaksana.


8. Kraken


Kraken adalah makhluk raksasa yang digambarkan sebagai makhluk yang berdiam di lautan wilayah Norwegia dan Islandia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menarik ke bawah. Kata Kraken sendiri berasal dari kata "Krake" dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada Hewan yang tidak sehat atau aneh. Kata ini masih digunakan dalam bahasa Jerman Modern untuk merujuk pada Gurita.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...